ARTIKEL DESIMINASI MODUL 1.1, 1.2, 1.3 & 1.4 (AKSI NYATA MODUL 1.4)

 




1. LATAR BELAKANG

Rancangan ini saya buat didasari oleh keinginan saya untuk bisa berbagi ilmu yang saya dapat dari program guru penggerak. Saya agak miris melihat murid yang kurang memiliki budaya positif serta rekan sejawat yang tidak bisa berpegang teguh pada nilai dan peran guru penggerak serta tidak memiliki visi tentang murid seperti apa yang diinginkan di masa depan sehingga kemampuan murid terbilang biasa saja dan tidak ada perubahan atau peningkatan dalam pembelajaran. Sebagai guru hanya menunaikan tugasnya sebagai pengajar dan murid melakukan tugasnya sebagai murid sehingga tidak ada peningkatan yang benar-benar  memberi perubahan pada mereka semua. Saya menginginkan para rekan sejawat bisa menjadi agen perubahan bagi murid mereka sehingga bisa tercapai murid seperti apa yang diinginkan di masa depan. Aksi nyata dilaksanakan secara daring dan luar jaringan. Pertama untuk sesi daring terbagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang yang antara lain terdiri dari 2 orang murid dan 3 orang guru. Kedua, dalam sesi luring saya mewakili 4 kecamatan yang diadakan di masing-masing korwil dam meberikan pembelajaran TIK serta sosialisasi Guru Penggerak yang langsung disampaikan oleh Pengajar Praktik (PP) yang dilaksanakan tanggal 11-29 Januari 2022. Dalam aksi nyata daring, semua modul akan diberikan baik dari modul 1.1 sampai pada modul 1.4.  Saya juga ingin mengetahui pemahaman dari 5 orang tersebut tentang semua modul yang saya berikan. Selanjutnya dalam aksi nyata luring saya sebagai pemateri PEMBATIK bekerjasama dengan PP memberikan membelajaran tentang TIK serta sosialisasi Guru Penggerak. Untuk rencana di masa depan, desiminasi ini akan diberikan tidak hanya terbatas pada 5 orang saja tapi mencakup semua rekan sejawat di sekolah. Saya Bersama rekan calon guru penggerak lainnya di sekolah kami akan mengajukan program desiminasi kepada kepala sekolah untuk mengadakan desiminasi kepada semua rekan sejawat di sekolah. 

2. TUJUAN

Saya menginginkan tidak hanya murid tetapi juga rekan sejawat lainnya bisa menerapkan filosofis pemikiran Ki Hadjar Dewantara, memiliki nilai dan peran guru penggerak, memiliki visi guru penggerak kedepannya serta bisa menerapkan budaya positif yang terdiri dari beberapa konsep yang antara lain disiplin positif dan motivasi, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, 5 posisi kontrol dan segitiga restitusi.

3. TOLAK UKUR
a. Bagi Murid
q  Tindakan murid yang mencerminkan profil pelajaran pancasila
q  Murid yang bisa berdisiplin positif dan memiliki motivasi intrinsik
q  Murid yang memiliki keyakinan (komitmen) kelas
q  Murid yang memiliki budi pekerti yang baik serta bisa mengikuti kodrat zaman
q  Murid yang bisa melakukan segitiga restitusi sesuai bimbingan guru
b. Bagi Guru
q  Guru memiliki filosofis pemikiran KHD
q  Guru memiliki nilai dan peran guru penggerak
q  Guru memiliki visi guru penggerak
q  Guru bisa menerapkan budaya positif kepada murid
q  Guru bisa membimbing murid melakukan segitiga restitusi
q  Guru selalu bisa menjadi posisi manajer bagi murid

4. LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN
a. Dalam jaringan (Annisa Ayumi Anti, Jamiatus Saadah, Raddina Aprilia Putri, M.Pd., Adie Riskianto, S.Pd, Horiyah, S.Pd.)
qSaya membuat janji temu (daring) dengan 5 orang yang saya sebutkan terdiri dari 2 orang murid dan 3 orang guru
qSaya menentukan tanggal dan hari dengan menyesuaikan jadwal masing-masing
qSaya menyiapkan bahan tentang desiminasi tersebut dalam bentuk power point serta alat penunjang presentasi yaitu berupa laptop
qSaya membuat room virtual menggunakan gmeet yang akan di share pada 5 orang tersebut
qSaya melakukan presentasi sesuai dengan modul yang dipelajari
qSaya merekam presentasi tersebut menggunakan aplikasi video recorder dari laptop
qSaya mengadakan tanya jawab tentang pemahaman mereka terhadap modul yang dipelajari
qSetelah presentasi daring, rekaman dari presentasi tersebut di upload di youtube dan siap di bagikan pada forum berbagi aksi nyata 
b. Luar Jaringan (Kerjasama dengan Dinas Kabupaten Bangkalan, Pengajar Praktik, dan Guru Pembatik) dalam rangka Pembuatan Media Berbasis TIK dan Sosialisasi Program Penggerak
qSaya menyiapkan materi tentang TIK dan menyampaikan kepada peserta di 4 kecamatan (kamal, tanah merah, blega, burneh) di kabupaten bangkalan serta sosialisasi Guru Penggerak yang disampaikan oleh PP. Hasil penugasan dari PembaTIK dikumpulkan secara online melalui link yang kami buat.
qSaya menyiapkan materi tentang TIK dan menyampaikan kepada peserta di 4 kecamatan (kamal, tanah merah, blega, burneh) di kabupaten bangkalan serta sosialisasi Guru Penggerak yang disampaikan oleh PP. Hasil penugasan dari PembaTIK dikumpulkan secara online melalui link yang kami buat.

5. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
a. Bahan

Daring - Modul dari desiminasi terdiri dari Rangkuman modul 1.1, 1.2, 1.3 & 1.4. Saya membuatnya sendiri agar bisa dipahami oleh para peserta desiminasi

Luring – Modul PembaTIK di buat secara bersama dengan pemateri lainnya. Modul Sosialisasi Guru Penggerak dibuat oleh PP (Pengajar Praktik)

 b. Alat

Daring - Laptop dan room virtual gmeet. Saya menyediakannya sendiri

Luring – Tempat, alat dan bahan disediakan oleh korwil masing-masing kecamatan di kabupaten bangkalan

c. Tenaga

Daring - 5 Peserta desiminasi antara lain 2 orang murid dan 3 orang guru. Saya meminta tolong mereka untuk bisa memberikan sedikit waktu mereka mengikuti desiminasi kelompok kecil.

Luring – Peserta dari guru SD seluruh kecamatan, panitia dari para kepala sekolah SD serta dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kabupaten Bangkalan serta Pengawas sekolah Kabupaten Bangkalan

 6. HASIL DESIMINASI DAN AKSI NYATA YANG DILAKUKAN

a. Proses desiminasi dan aksi nyata yang panjang tapi sangan memberikan manfaat yang besar baik bagi diri saya sendiri, siswa, dan semua rekan sejawat dari berbagai jenjang

b. Semua korwil di wilayah bangkalan mengarahkan semua guru untuk bisa berpartisipasi dalam program guru penggerak

c. Semua modul bisa diterapkan dalam desiminasi dan aksi nyata ini. Sebagai contoh: profil pelajar pancasila banyak dimiliki tidak hanya oleh murid tapi juga hampir semua rekan sejawat yang menjadi peserta, selain itu saya bisa menerapkan dan sangat antusias dalam memiliki nilai dan peran sebagai guru penggerak sehingga visi saya sebagai guru penggerak bisa tercapai. Dalam hal ini, penerapan budaya positif bisa dilaksanakan, sebagai contoh: bisa memahami kebutuhan dasar manusia, bisa menerapkan disiplin positif dan mandiri, saya sebagai manager dalam posisi kontrol serta keyakinan kelas dalam kesepakan kelas sehingga penugasan bisa sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. 

d. Konsistensi dalam desiminasi dan aksi nyata ini memberikan hasil yang sangat bagus dan bisa diterapkan dalam program selanjutnya.

e. Murid bisa memiliki dan menerapkan profil pelajar pancasila serta guru bisa memahami kebutuhan dasar murid sehingga bisa menerapkan disiplin positif dan memotivasi murid untuk membuat keyakinan kelas sehingga guru juga selalu bisa memanajeri murid dan bisa melakukan segitiga restitusi dengan baik.

7. PROGRAM KE DEPAN

a. Akan dilaksanakannya Pelatihan Pembelajaran berbasis TIK dan sosialisasi Program Guru Penggerak di jenjang SMP di seluruh korwil di Kabupaten Bangkalan dimana selaras dengan visi saya yang menginginkan baik siswa ataupun guru (rekan sejawat) bisa siap dalam perubahan dalam digitalisasi pembelajaran

b. Akan dibuatnya artikel yang diambil dari penerapan media pembelajaran pada siswa yang selaras dengan nilai dan peran saya sebagai guru penggerak sehingga bisa diterbitkan di jurnal baik nasional ataupun internasional

c. Akan dilaksanakannya Pelatihan berkelanjutan dari IGI (Ikatan Guru Indonesia) wilayah Bangkalan tentang media pembelajaran yang selaras dengan peran saya sebagai guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi.

d. Semua kegiatan dan program kedepannya selalu berpegang teguh pada kebutuhan dasar manusia, disiplin positif dan motivasi, posisi kontrol saya sebagai pemantau dan manajer sehingga bisa mengarahkan murid dan rekan sejawat sesuai kebutuhan mereka

e. Semua kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan selaras dengan modul-modul yang diberikan di dalam pendidikan guru penggerak sehingga bisa dilaksanakan dan diterapkan dengan baik. Modul pendidikan guru penggerak kedepannya akan berbeda dengan apa yang sudah diterapkan sehingga modul-modul pendidikan guru penggerak ke depannya bisa diterapkan pada program baru nantinya sehingga penerapan modul baru tersebut bisa terlaksana dengan baik. 

8. DOKUMENTASI PELAKSANAAN (PROSES DAN HASIL)

Link youtube : https://youtu.be/br59IwlqFQI



















 

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Label